Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) Badiklat Jateng Resmi Dibuka Kepala BPSDM Hukum dan HAM

Print

twik1

 

Semarang – Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) Tahun Anggaran 2022, yang merupakan kolaborasi bersama Balai Pelatihan Kesehatan Semarang dan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Pembukaan pelatihan tersebut digelar secara virtual yang terpusat di Graha Yasonna H. Laoly, pada Senin (06/06).

Kegiatan diawali dengan Laporan Penyelenggaraan oleh Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, dalam hal ini diwakili Kepala Seksi Penyelenggara Badiklat Jateng, Diah Yuli Pratiwi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode blended learning mulai tanggal 6 s.d. 15 Juni 2022. Proses pembelajaran terbagi atas pembelajaran secara virtual yaitu pada 6 s.d. 9 Juni 2022, dilanjutkan pembelajaran klasikal yang mewajibkan seluruh peserta hadir di Badiklat Jateng pada tanggal 12 s.d. 15 Juni 2022. 40 Perawat yang berasal dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I.Yogyakarta, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, menjadi peserta pelatihan ini.

Pelatihan yang ditujukan bagi perawat yang berada di Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM ini bertujuan meningkatkan kompetensi penatalaksanaan kegawat daruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskular.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Asep Kurnia, menyatakan bahwa Pelatihan dengan metode bleended learning yang memadukan pembelajaran jarak jauh dan klasikal sebagai langkah dan strategi penyesuaian proses penyelenggaraan pelatihan dan pembelajaran di masa sekarang.

twik2 min

"Untuk mendukung kebijakan penyelenggaraan kesehatan di lingkungan Lapas dan Rutan, para perawat yang bertugas hendaknya memiliki kompetensi dan bersertifikasi BTCLS. Kementerian Hukum dan HAM identik dengan pelayanananya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, dimana tidak menutup kemungkinan seketika terjadi kecelakaan atau bencana di dalamnya, tentunya diharapkan para tenaga kesehatan yang ada dapat memberikan pertolongan pertama", ungkapnya.

Pelatihan BTCLS dibuka secara resmi oleh Kepala BPSDM Hukum dan HAM, dengan dihadiri Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Semarang, Ketua Hipgabi Provinsi Jawa Tengah, serta para Fasilitator Pelatihan dari Bapelkes Semarang dan Hipgabi Jateng. @kemenkumhamri
@bpsdm_kumham
@kemenkumham_jateng
@bapelkessemarang
#Kemenkumham
#BadiklatPastiBisaWBBM
#LatsarCPNS2022BadiklatKumhamJateng
#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamJateng
#Ayuspahruddin
#Kaswo