Semarang - Bertemakan “Pengelolaan Penanganan Pengaduan Layanan Publik pada Jajaran Kementerian Hukum dan HAM” Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar kegiatan webinar Kemenkumham Corpu Series yang berlangsung di Graha Yasonna H. Laoly serta di siarkan secara live pada kanal Youtube Badiklat Kumham Jateng. Rabu (22/06).
Mengangkat tema yang strategis saat ini dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik, Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, mengungkapkan bahwa webinar ini merupakan bagian dari series Kumham Belajar ini merupakan salah satu program unggulan. Kali ini Badiklat Kumham Jateng menghadirkan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah berserta tim sebagai narasumber.
“Tujuan diadakanya Webinar ini yaitu dalam rangka memperkaya pengetahuan dan peningkatan kompetensi dalam pengelolaan penanganan pengaduan layanan publik Kementerian Hukum dan HAM, serta dalam rangka memberikan pelayanan publik yang transparan, efektif, efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan pelayanan yang berkualitas” ucap Kaswo.
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng, Supriyanto, mewakili sambutan Kepala Kantor Wilayah, menegaskan pentingnya pengelolaan pengaduan, yang tidak hanya dilihat dari sisi negatifnya saja melainkan jika dapat ditangani dan diselesaikan dengan tepat dan sesuai SOP, akan menghasilkan suatu saran perbaikan kualitas layanan.
"Sebagai penyelenggara pelayanan publik, kita diwajibkan mengetahui apa saja tahapan yang perlu diantisipasi dan disiapkan agar Tata Kelola Pengaduan dapat berjalan secara efektif dan efesien. Pengaduan muncul ketika terjadi ketidakpuasan masyarakat dalam menerima pelayanan yang kita berikan. Prinsipnya adalah masyarakat menginginkan hasil yang terbaik atas layanan yang telah diterima", tutur Kadivpas membacakan sambutan Kakanwil Kemenkumham Jateng.